tips dan trik : Bikin Kajon ( DrumBox ) dari Barang Bekas. 100% Murah , dan Mudah


                Lewat lagi deh try out ke-2.  akhirnya bisa posting lagi nih, padahal bentar lagi try out-3 haha. Kebetulan dapat bahan yang menarik dan yang pasti bikin kita lebih kreatif. Kali ini gue bakal share tips dan trik bikin alat musik yang keren, ada yang tau sama gambar disamping?. Gue kasih tau aja deh,  nama lat musik ini adalah Kajon / Kahon atau yang biasa dikenal dengan Drum Box. Alat ini biasanya digunakan untuk mengiringi musik akustik dan melengkapi gitar bila bermain bersama beberapa teman.
              Gak muluk muluk kaya dibeberapa artikel dari blog lain , gue gak bakal ulas sejarah dari Kajon ini. Gue akan kasih trik bikin alat ini dengan modal dibawah 100ribu, atau bisa juga bikin dari barang barang sisa yang gak kepake lagi (Cuma modal tenaga).


                Dibalik pembuatan alat ini gue punya sedikit cerita kenapa gue bikin alat ini. Minggu minggu ini rumah gue yang dikampung yaitu didaerah Padang Batung lagi direnovasi bagian belakangnya, itung itung ngelebarin rumah buat acara hajatan yang biasanya dilakukan disini. Rumah gue itu masih 90% dari kayu, nah dari sisa kayu renovasi inilah bahan baku gue dapetin. Beruntungnya lagi yang ngerenovasinya itu kakek gue jadi semua alat pertukangan ada dan gue dibolehin minjam deh haha.
 Cerita dibalik snappy seng gue juga ada , awalnya gue mau beli tapi gak bisa dengan alasan snappy drum dikota ini gak ada yang jual dan harga untuk mesan itu mahal. Awal dari percobaan gue bikin snappy abal abal dengan menggunakan senar  gitar bagian bass yang gue potong dan rangkai , tapi hasilnya ngecewain. Dan percobaan kedua dengan tali gas atau rem bekas sepeda motor, tapi susah dapetin bahan bakunya. Yang terakhir adalah cara ini yang secara gak sengaja gue ngelirik seng bekas yang nganggur ya muncul lah idea gue karna tau sifat seng yang lentur dan bisa berbunyi mirip snare.
                Ya udah deh, cerita mulu nanti artikelnya gak selesai haha. Tahap pembuatan alat ini terbagi menjadi dua yaitu bikin bodinya dan bikin Snappynya. Bentuk bodi nya gue bikin Cuma bentuk kotak (bukan bentuk trapesium) dan snappynya gue bikin dari seng bekas, simpel kan? Pasti lah haha.


                Simak dulu deh alat dan bahan bahannya.

A.      Membuat bodi kajon
Alat :    1. Meteran (alat ukur)
2. Gergaji
3. paku dan palu
4. pahat
5. obeng dan baut sekrup
6. Bor listrik (biar mudah aja)

Bahan :     1. Papan kayu ( lebar papan minimal 15cm)
                2. papan tripleks (tebal 2mm dan 4mm)
                3. balok kayu ukuran ±4x4cm

B.      Membuat Snappy ( snare )
Alat :      1. Gunting ( gunting yang digunakan untuk memotong besi)
              2. Tang (atau bisa juga Palu)

Bahan : 1. Seng bekas ( 5x10cm)

                Gimana sobat bloger barang bekas semua kan bahan bahanya?  Paling Cuma nyari tripleknya yang agak susah. Oh iya, jangan lupa beli baut sekrup , paling 1 kotak kecil cuman 5 ribu. Satu lagi nih, jangan motong genteng atap rumah ya!, cari yang bekas aja haha. Nah kalo udah siap semua langsung aja masauk ketahap pembuatan , kalo rasa gak yakin atau kurang lihai menggunakan alat pertukangan pastikan minta bantuan teman.

A.       Pembuatan Snappy dari seng


1.       Jika seng dalam bentuk belum lurus , lurusin dulu dengan memukul seng menggunakan palu.

2.       Potong seng seperti beruntai runtai seperti gambar diatas dengan ukuran 2-3mm perrumbainya.

3.       Rapikan dengan tang agar tidak melukai tangan, karena seng yang baru dipotong mempunyai pinggiran tajam.



B.      Pembuatan Bodi  Kajon


1.       Potong papan tadi dengan panjang 45 cm 2 buah
 (untuk bagian samping) GAMBAR "C"

2.       Potong lagi papan lainnya dengan panjang 24cm 2 buah juga
 (untuk bagian atas dan bawah) GAMBAR "D".
3.       Potong balok kayu dengan panjang 10 cm sebanyak 4 buah GAMBAR "E"

4.       Satukan semua bagian dengan paku agar membentuk sebuah kotak yang kokoh seperti gambar. Tambahkan beberapa kayu penyangga agar memperkokoh kajon untuk bisa diduduki.
GAMBAR "B dan F"

5.       Tambahkan lagi kayu penyangga untuk meletakan snare / snappy ditengah tengah depan body.
GAMBAR "A"






6.       Potong tripleks 2mm dengan ukuran yang pas untuk menutupi sisi depan.


7.       Potong juga yang 4mm dengan ukuran untuk menutupi bagian belakang, jangan lupa berikan lubang pada tripleks 4mm menggunakan pahat dengan diameter ±10 cm dengan bentuk apapun. misal ; lingkaran, persegi , atau segi enam.




C.       Pemasangan semua bagian


1.       Pasang kedua tripleks tersebut dengan bodi kayu tadi dengan baut sekrup agar mudah dilepas dan dipasang.


2.       Sebelum memasang tripleks bagian depan, jangan lupa pasang snappy yang telah dibuat tadi di tempat penyangga dan selesai lah kajon anda

Tips   ;  1. untuk bagian depan tripleks yang 2mm usahakan menggunakan 18 baut
                sekrup agar benar benar kedap udara dan suara yang dihasilkan bagus.
           2. bisa juga membeli snappy  yang asli bila tidak bisa membuatnya, Gue cuma ngasih trik
                ekonomisnya aja.
           3.  Cek dulu suara yang dihasilkan kajon sederhana anda, insyallah gak jauh beda sama kaya yang
               harganya 500rb haha.



Selamat mencoba ya sobat blogger!



Artikel Terkait:



0 komentar:

Posting Komentar